Pengaruh Model PJBL (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 (Indahnya Keragaman Di Negeriku) Kelas IV Pada Pembelajaran Luring Di SD Negeri 14 UPT II Silat Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

Riska Handayani Nelly Wedyawati Gabriel Serani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 (Indahnya Keberagaman di Negeriku) di kelas IV  SD Negeri 14 UPT II Silat Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 14 UPT II Silat Hilir.Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 14 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 16 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Bentuk penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, pengukuran tes dan nontes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pretest kelas kontrol 65,8 dan nilai rata–rata posttest 68,5 sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 52,9 dan nilai rata-rata posttest 76,9. Setelah dilakukan uji hipotesis pada perbedaan hasil posttest dikelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan  = 0,05. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < yakni 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL  terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 14 UPT II Silat Hilir.

Article Details

How to Cite
HANDAYANI, Riska; WEDYAWATI, Nelly; SERANI, Gabriel. Pengaruh Model PJBL (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 (Indahnya Keragaman Di Negeriku) Kelas IV Pada Pembelajaran Luring Di SD Negeri 14 UPT II Silat Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. CJP-BUAF 5th: Journal Proceeding's Conference of Borneo Undergraduate Academic Forum 5th, [S.l.], v. 1, n. 6, p. 187-196, jan. 2022. Available at: <http://confference.iainptk.ac.id/index.php/buaf5th/article/view/49>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles