ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFOR-MING FINANCING DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PEMBIAYAAN PADA PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA

Main Article Content

Rukiah Rukiah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan Ratio Return On Assets terhadap Pembiayaan pada Perbankan Syari’ah di Indonesia periode 2008-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia yang meliputi data Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ration, Non Performing Finace dan Return On asset serta Penyaluran Pembiayaan Bank Syari’ah. Data penelitian ini merupakan  data runtun waktu (time series). Factor- factor yang mempengaruhi penyaluran pembiayaan perbankan Syariah di Indonesia dalam kurun waktu tahun 2008.1 sampai dengan 2013.4 dikembangkan dengan model sebagai berikut: Peny_Pemb = f ( DPK, CAR, NPF, ROA). Berdasarkan hasil test normalitas, multikolinearitas, dan autokorelasi ternyata valid untuk diuji secara statistik. Uji statistic menunjukkan bahwa dana pihak ketiga (DPK) dan Retutn on Asset (ROA) secara positif signifikan sedangkan Non performing finance (NPF) secara negatif signifikan mempengaruhi Penyaluran Pembiayaan Perbankan Syariah pada tingkat kepercayaan sebesar 5%. Untuk Capital Adequacy Ratio (CAR) secara positif signifikan mempengaruhi Penyaluran Pembiayaan Perbankan Syariah pada tingkat kepercayaan sebesar 10%.

Article Details

How to Cite
RUKIAH, Rukiah. ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFOR-MING FINANCING DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PEMBIAYAAN PADA PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA. ICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 269-276, sep. 2020. ISSN 2722-7812. Available at: <https://confference.iainptk.ac.id/index.php/icrhd/article/view/30>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.24260/icrhd.v1i1.30.
Section
Articles