Peran Tiktok Sebagai Media Dakwah Bagi Generasi Muslim Milenial Di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Pada akhir tahun 2019, seluruh negara di dunia digemparkan dengan adanya virus COVID-19. Keberadaan virus ini tentu membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat dunia. Di Indonesia kasus COVID-19 memberi pengaruh bagi masyarakat. Semua kegiatan yang semula bersifat luring kini dialihkan menjadi daring. Oleh karena itu, intensitas generasi milenial berselancar di dunia maya selama pandemi COVID-19 meningkat. Kesempatan emas ini dipergunakan oleh da’i untuk melaksanakan dakwah kepada generasi muslim milenial melalui berbagai platform media sosial, yakni TikTok. Tujuan dari tulisan ini adalah menganalisis peran TikTok sebagai media dakwah bagi generasi milenial di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengkaji konten keislaman pada TikTok yang disukai oleh kebanyakan generasi milenial. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi media dakwah yang efektif bagi generasi milenial. Dakwah melalui aplikasi TikTok lebih mudah diakses, kapan saja dan di mana saja. Berdasarkan temuan data, pelaksanaan dakwah di TikTok dapat dimodifikasi seperti TikTok live streaming, stitch konten dan Q n A. Harapannya penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada para da’i lainnya tentang dakwah melalui aplikasi TikTok yang banyak diminati oleh generasi milenial. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa dakwah melalui aplikasi TikTok yang ringan dan menarik sangat mudah diterima oleh generasi milenial.