Pembelajaran Hybrid di TPQ Al-Mira Banjarmasin di Masa Pandemi

Main Article Content

Ardiyan Fikrianoor

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran hybrid di Taman Pendidikan Al-Mira Banjarmasin di masa pandemi. Dalam pembelajaran hybrid Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mira Banjarmasin terdapat 5 aspek yang dapat diteliti yakni persiapan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat. Hal ini penting diteliti karena dapat dijadikan model pembelajaran bagi pembelajaran lainnya dalam menghadapi tantangan di masa pandemi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif. Objek penelitian ini adalah peserta didik dan pembelajaran hybrid di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mira Banjarmasin. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran hybrid di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mira Banjarmasin telah menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan pembelajaran Nana Sudjana mulai dari tahapan persiapan meliputi kesiapan siswa, media, materi, dan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran hybrid di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mira Banjarmasin dilakukan 5 kali pertemuan dengan 3 kali secara digital dan 2 kali secara tatap muka. Evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mira Banjarmasin pada pembelajaran hybrid ini dilakukan pada awal, proses, dan akhir pembelajaran dengan menggunakan jurnal dan tes lisan. Adapun faktor pendukung dari penyelenggaraan pembelajaran hybrid adalah adanya kebijakan, materi dan metode yang digunakan guru mudah dipahami oleh peserta didik, porsi guru dan peserta didik seimbang dengan jumlah peserta didik yang tidak terlalu banyak untuk di bimbing oleh satu guru, dukungan orangtua dan masyarakat sekitar. Dan faktor penghambatnya adalah susahnya jaringan yang terkadang koneksinya tidak stabil, keterbatasan waktu pembelajaran dan kurangnya interaksi antara guru dengan peserta didik.
KEYWORDS: [pembelajaran hybrid; TPQ Al-Mira; pandemi]

Article Details

How to Cite
FIKRIANOOR, Ardiyan. Pembelajaran Hybrid di TPQ Al-Mira Banjarmasin di Masa Pandemi. CJP-BUAF 5th: Journal Proceeding's Conference of Borneo Undergraduate Academic Forum 5th, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 39-46, dec. 2021. Available at: <https://confference.iainptk.ac.id/index.php/buaf5th/article/view/149>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles