Tingkat Minat Belanja dengan Menggunakan e-commerce pada Masa Pandemi Covid-19: Menguak Minat Belanja Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta

Main Article Content

Kiranda Okti Eka Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belanja mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta dengan menggunakan e-commerce pada masa pandemi, mengetahui apa saja yang menjadi pertimbangan mereka memilih platform untuk belanja online, pelayanan serta kemudahan apa saja yang mereka dapatkan saat belanja online, dan seberapa puas mereka saat melakukan belanja online. Belanja online sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang karena kemudahan yang didapat. Banyak orang beranggapan bahwa belanja online menjadi sarana untuk mencari berbagai barang yang mereka butuhkan. Terlebih pada masa pandemi yang mengharuskan orang melakukan berbagai aktivitas secara daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan field research. Data yang diperoleh dengan menyebar angket atau kuesioner dan wawancara melalui WhatsApp kepada 75 responden dari mahasiswa aktif Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta mengenai tingkat minat belanja dengan menggunakan sistem e-commerce untuk dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belanja online mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta dengan menggunakan e-commerce pada masa pandemi covid-19 mengalami penurunan. Meski demikian mereka tetap merasa puas dalam melakukakan belanja online. Hal tersebut terjadi karena dengan belanja online melalui e-commerce terdapat berbagai kemudahan sehingga lebih efisien waktu dan tenaga saat bertransaksi. Kesesuain barang pesanan serta respon dari penjual yang baik juga menjadi hal yang membuat mereka merasa puas dalam melakukan belanja online melalui e-commerce. Dalam melakukan belanja online dengan menggunakan e-commerce mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta mempertimbangkan beberapa hal penting di antaranya, yaitu bagaimana rating dan review pembeli terhadap penjual atau toko online, serta kecepatan pemilik toko atau penjual dalam membalas pesan dari pembeli.

Article Details

How to Cite
PUTRI, Kiranda Okti Eka. Tingkat Minat Belanja dengan Menggunakan e-commerce pada Masa Pandemi Covid-19: Menguak Minat Belanja Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta. CJP-BUAF 5th: Journal Proceeding's Conference of Borneo Undergraduate Academic Forum 5th, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 101-110, dec. 2021. Available at: <http://confference.iainptk.ac.id/index.php/buaf5th/article/view/92>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles