Perilaku Konsumsi Mahasiswa UIN Antasari terhadap Promo Bulanan Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam)

Main Article Content

Jumiati jumiati

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak mempengaruhi kehidupan sekarang mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, politik, sosial budaya, ekonomi, dan lain-lain.Kondisi ekonomi yang tidak stabil juga berpengaruh terhadap tingkat pembelian masyarakat yang ada.Pada bidang e- commerce juga mengalami perubahan namun daya beli masyarakat tetap berjalan mekipun pandemi Covid-19 masih belum berakhir.Salah satunya adalah toko online Shopee yang banyak dijamah oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Berbagai strategi marketing yang digencarkan mulai dari dunia social media, televisi, media cetak, dan lain-lain, sehingga minat pembelian semakin meningkat dan tetap mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu e- commerce yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi Mahasiswa UIN Antasari ketika toko online Shopee mengadakan promo setiap bulannya ditengah pandemi dan bagaimana dalam tinjauan ekonomi Islam menyikapi hal ini.


Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiwa UIN Antasari yang diambil tiap-tiap perwakilan dari masing-masing fakultas dengan kriteria pernah atau sering berbelanja di toko online Shopee ketika mengadakan promo setiap bulannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara kepada narasumber bersangkutan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin ketika toko online Shopee mengadakanpromo besar-besaran setiap bulannya, maka mereka cenderung berperilaku konsumtif terhadap pembelian barang di toko online Shopee meskipun ditengah pandemi seperti sekarang karena tergiur dengan promo yang ada.Sedangkan dalam tinjauan ekonomi Islam perilaku konsumsi ini bisa dikategorikan kedalam perilaku boros atau mubazir ketika barang yang mereka beli bukanlah barang kebutuhan tetapi merupakan hanya keinginan semata tidak ada manfaat didalam barang tersebut ketika dibeli.

Article Details

How to Cite
JUMIATI, Jumiati. Perilaku Konsumsi Mahasiswa UIN Antasari terhadap Promo Bulanan Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam). CJP-BUAF 5th: Journal Proceeding's Conference of Borneo Undergraduate Academic Forum 5th, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 123-130, dec. 2021. Available at: <http://confference.iainptk.ac.id/index.php/buaf5th/article/view/81>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles